PEMBINAAN NARAPIDANA TINDAK PIDANA NARKOTIKA DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS II B SOASIO KOTA TIKEP

  • Saiful Rachman Universitas Nuku
  • Supriyanto Universitas Nuku
Keywords: Pembinaan, Narkotika, Terpidana

Abstract

Pemberian sanksi hukum pidana di Indonesia selalu berakhir pada pembinaan di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara. Tetapi dengan banyaknya tindak pidana menyebabkan daya tampung melebihi kapasitas tempat. Sehingga dengan dikeluarkanya Surat Keputusan Menteri Kehakiman Nomor: M.04.UM.01.06 Tahun 1983 mengenai fungsi lembaga pemasyarakatan tertentu menjadi rumah tahanan negara begitu pula sebaliknya. pemasyarakatan merupakan suatu upaya mengembalikan atau memasyarakatkan kembali pelaku yang telah melanggar atau perilaku yang kurang berkenan di dalam hati masyarakat bahkan tingkahlakunya dapat merugikan masyarakat dan lingkungannya dengan jalan melakukan pembinaan terhadap narapidana sehingga segala perilakunya nanti dapat berguna bagi orang lain sehingga ia tidak dapat menimbulkan kerugian bagi masyarakat terutama bagi dirinya sendiri. Dengan pertimbangan Amanat Presiden maka lahirnya pemasyarakatan di Indonesia dan sampai sekarang di topang dengan Undang-Undang Nomor. 12 Tahun 1995. Undang-Undang ini merupakan usaha untuk mewujudkan sistem pemasyarakatan yang merupakan tatana hidup bagi warga binaan pemasyarakatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, hasan. 2001. Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta, balai pustaka.

C.I. Harsono Hs. 1995. Sistim Baru Pembinaan Narapidana. Jakarta, Djambatan,.

Dirdjosisworo, soedjono. 1990, hukum narkotika indonesia, bandung, pt. Citra aditya bakti

Poerwadarminta. 1987. Kamus umum bahasa indonesia. Jakarta: balai pustaka.

Undang - undang no. 8 tahun 1981 tentang KUHAP.

Undang - undang no. 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan.

Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor m.01.pk.04-10 tahun 2007 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat

Kep. Menteri Kehakiman RI Nomor : m.02-pk.04.10 tahun 1990 tentang Pola Pembinaan Narapidana / Tahanan Menteri Kehakiman RI.

Kep. Menteri Kehakiman RI Nomor : m.04.um.01.06 tahun 1983 tentang Penetapan Lembaga Pemasyarakatan Tertentu Sebagai Rumah Tahanan Negara.

Published
2020-08-17
How to Cite
Rachman, S., & Supriyanto. (2020). PEMBINAAN NARAPIDANA TINDAK PIDANA NARKOTIKA DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS II B SOASIO KOTA TIKEP. KOLANO: Journal of Multi-Disciplinary Sciences, 1(1), 112-117. Retrieved from http://e-journal.univ-nuku.ac.id/index.php/kolano/article/view/27